Parasetamol Mampu Memepertajam Daya Ingat (Hasil Penelitian)

paracetamol mempertajam memoriSiapa yang tidak kenal parasetamol? Obat ini dijual bebas dengan banyak sekali merek dagang seperti bodrex, paramex, panadol dan sebaginya. Parasetamol merupakan obat yang cukup populer digunakan sebagai pereda sakit dan demam . Namun belakangan ini , beberapa peneliti telah menemukan kemungkinan manfaat lain dari parasetamol yaitu  untuk mempertajam memori .

Menurut Daily Mail , sebuh tim peneliti di Swedia percaya bahwa parasetamol bekerja pada sel-sel otak yang mengontrol memori atau ingatan . Uji klinis yang dilakukan berdasarkan temuan sebelumnya , mendapatkan bahwa orang-orang yang minum parasetamol setiap hari menunjukkan hasil tes memori yang lebih baik .

Penelitian laboratorium menunjukkan bahwa parasetamol memicu pelepasan serotonin di otak . Secara tidak langsung serotonin dapat memicu peningkatan memori . Hal ini karena serotonin memiliki efek yang dapat menimbulkan rasa menyenangkan yang akan menghilangkan stres dan memicu rileks pada otak .

Konsumsi parasetamol akan mengaktifkan area otak yang disebut hippocampus yang terlibat dalam belajar, memori , dan pemecahan masalah .

Namun, para peneliti masih belum pasti dengan mekanisme yang tepat bagaimana cara kerja parasetamol . Beberapa studi yang dilakukan pada tahap awal pada hewan menunjukkan bahwa parasetamol justru dapat menghambat memori jika diberikan pada dosis yang lebih rendah . Sementara penggunaan pada dosis tinggi , parasetamol menghasilkan efek yang menguntungkan pada memori .

Penelitian di Swedia menunjukkan bahwa tingkat agitasi pada pasien dengan demensia atau penyakit pikun berkurang 17 persen setelah konsumsi parasetamol dosis tinggi selama dua bulan .

Dokter Anne Corbett , peneliti utama pada yayasan sosial ‘ The Alzhemeir Society " pasien demensia tidak hanya lupa  nomor telepon atau barang yang baru saja ditaruh tetapi bisa tidak dapat mengenali kerabat atau di mana mereka tinggal . Itulah mengapa Corbett berharap pada hasil penelitian tersebut . " Sangat penting untuk menemukan obat bagi mereka ( penderita demensia ) sekaligus meningkatkan kualitas hidup mereka , " kata Corbett .

Pada studi ini , para peneliti menekankan bahwa pasien tidak boleh mengobati dirinya sendiri dengan parasetamol karena penelitian ini masih dalam tahap awal dan dapat menyebabkan efek samping .

sumber

Tips Safe Sex

Aktivitas seksual memberikan resiko penularan beberapa penyakit yang tergolong kedalam penyakit menular seksual(PMS). Penularan terjadi karena setiap aktivitas seksual hampir selalu melibatkan kontak fisik, dan setiap kontak fisik selalu ada resiko pertukaran cairan tubuh. Jika kebetulan salah satu pasangan menderita penyakit misalnya hepatitis B atau HIV maka penyakitnya bisa menular kepasangan seksualnya.

Continue reading

Apakah Pemanis Buatan Aman Dikonsumsi?

Beberapa dari Anda mungkin disarankan oleh dokter untuk mengurangi atau menghindari sama sekali konsumsi gula karena ada masalah kesehatan yang Anda hadapi misalnya Diabetes melitus(Kencing Manis) . Atau ada beberapa diantara Anda yang belum mengalami masalah kesehatan tetapi ingin mencegah agar terhindar dari penyakit diabetes melitus. Atau mungkin Anda mengurangi konsumsi gula untuk menurunkan berat badan Anda.

Mengurangi atau menghilangkan rasa manis dari menu sehari-hari mungkin terasa berat bagi Anda karena lidah kita sudah terbisa menikmati rasa manis. Dan rasa manis merupakan rasa yang sangat disukai oleh kebanyakan orang mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Untuk menghindari masalah kesehatan akibat konsumsi gula dan agar tetap bisa menikmati rasa manis maka diciptakan pemanis buatan yang rendah kalori atau bahkan tanpa kalori sama sekali. Dipasaran ada banyak produk yang ditawarkan misal Tropicana Slim.

Pertanyaanya adalah : “apakah pemanis buatan aman untuk dikonsumsi?”

Sumber dari Mayo Clinic Women’s HealthSource seperti yang dikutip oleh The Southern Health Magazine, menyatakan bahwa pemanis buatan yang ada dipasaran saat ini aman untuk dikonsumsi.

Walaupun ada banyak pendapat yang menyatakan bahwa beberapa pemanis buatan seperti aspartame dan saccharin menyebabkan munculnya masalah kesehatan seperti peningkatan resiko terkena kanker. Tetapi sampai saat ini pendapat tersebut belum didukung oleh FAKTA, sehingga badan POM-nya Amerika yaitu the Food and Drug Administration (FDA) memberikan ijin untuk produk pemanis buatan. Produk-produk tersebut antara lain mengandung :

· Aspartame (Equal, NutraSweet),

· Sucralose (Splenda),

· Saccharin (Sweet ’n Low),

· Acesulfame potassium (Sweet One),

· Neotame

Walaupun dinyatakan aman untuk dikonsumsi, pemanis buatan Aspartame bisa memberikan dampak yang kurang baik bagi penderita phenylketonuria (PKU). Sehingga harus dihindari oleh penderita phenylketonuria.

Walaupun pemanis buatan dinyatakan aman untuk dikonsumsi bukan berarti memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan.

dr. sugiritama

Beberapa Hal Yang Menyebabkan Susah Tidur

Tidur merupakan salah satu kebutuhan utama kita agar tetap bisa menjaga kesehatan dan dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik. Saat tidur tubuh diistirahatkan untuk beberapa jam, metabolisme diturunkan sehingga sel-sel tubuh yang mengalami gangguan dapat diperbaiki dan sel-sel yang mati dapat diganti.

Tidur bagi sebagian orang merupakan hal yang mahal dan susah didapatkan, karena beberapa dari kita mengalami apa yang dinamakan dengan gangguan tidur,yang mungkin berupa gangguan memulai tidur, susah mempertahankan tidur, tidur tidak nyenyak atau bahkan tidak bisa tidur sama sekali. Dan pasti keadaan ini akan menyebabkan gangguan pada tubuh dan pada akhirnya akan menurunkan kualitas hidup dan dapat menyebabkan penyakit.

Jika Anda pernah mengalami gangguan tidur perlu kiranya mengetahu apa saja yang dapat mengganggu kualitas tidur Anda, agar bisa menghindarinya. Beberapa hal yang hal yang dapat menyebabkan susah tidur adalah :

  • Televisi. Banyak orang menggunakan televisi untuk dapat memulai tidur. Anda mungkin bahkan punya televisi di kamar tidur Anda. Namun televisi bukannya membuat rileks malah akan merangsang pikiran karena acara televisi yang disuguhkan pada larut malam biasanya penuh dengan materi kekerasan, debat apalagi akhir-akhir ini banyak skandal dinegara kita. Acara -acara seperti itu akan menyebabkan otak kita bekerja lebih aktif dan pada akhirnya menyebabkan susah tudur. Disamping karena acara yang disuguhkan, cahaya yang berkedip-kedip dari televisi dan juga kebisingan yang diciptakannya akan mengganggu jam biologis yang sangat sensitif terhadap cahaya yang pada akhirnya menyebabkan susah tidur.
  • Terlalu banyak makanan, terutama makanan berlemak. Terlalu banyak makan pada saat makan malam menyebabkan organ pencernaan perlu bekerja ekstra keras terutama untuk mencerna lemak karena perut memerlukan waktu yang lebih lama untuk mencerna jenis makanan ini. Keadaan ini bisa menyebabkan masalah perut dan mulas pada saat akan tidur.
  • Terlalu banyak minum. Minum banyak cairan dapat menyebabkan anda sering terbangun sepanjang malam untuk ke kamar mandi, dan terkadang setelah bangun Anda susah untuk memulai tidur lagi.
  • Minum Alkohol.Banyak orang berpikir bahwa minum alkohol sebelum tidur akan membantu mereka tidur. Walaupun mungkin membuat Anda jatuh tertidur lebih cepat, alkohol akan mengurangi kualitas tidur Anda, karena Anda harus sering bangun di malam hari untuk kekamar kecil. Hal ini karena Alkohol akan meningkatkan produksi kencing pada tubuh.
  • Kafein. Minum kopi (kafein) diwaktu sore atau setelah makan malam akan menyebabkan gangguan tidur karena kafein akan merangsang sel-sel saraf pada otak dan membuat otak menjadi lebih aktif, dan Anda akan susah memulai tidur. Disamping itu sama dengan alkohol kafein juga meningkatkan produksi air kencing yang akan menyebabkan anda sering terbangn untuk ke kamar kecil.
  • Merokok. Merokok menyebabkan masalah tidur dengan berbagai cara. Salah satunya karena Nikotin merupakan stimulan otak, disamping itu otak yang sudah terbiasa / ketagihan dengan efek nikotin akan mengalami efek withdraw (lepas obat) pada malam hari saat Anda tidur yang akan mengakibatkan gangguan tidur.

http://zonasehat.blogdetik.com/

5 Manfaat Ciuman Untuk Kesehatan

Ciuman selama ini mungkin hanya sebagai ungkapan cinta dan kasih sayang kita kepada pasangan hidup (suami/istri) atau kepada anak atau cucu. Tapi tahukan Anda bahwa ciuman ternyata memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan juga mental kita, beberapa keuntungan dari berciuman adalah :

BERCIUMAN membantu mencegah kerusakan gigi (lebih baik daripada menggosok gigi?) Dr Peter Gorden, Dental Advisor pada British Dental Association, menjelaskan. “Setelah makan, mulut Anda penuh dengan larutan gula dan asam, yang berpotensi menyebabkan plak pada gigi. Melalui kegiatan berciuman (tentunya dengan pasangan yang sah !!!) secara tidak disadari juga terjadi proses pembersihan terhadap kotoran/plak pada gigi. Selain itu berciuman juga akan merangsang aliran air liur yang akan membawa dan membersihkan plak. “
BERCIUMAN dapat mengurangi ketegangan. Sebuah ciuman yang penuh gairah merupakan teknik relaksasi, kata konsultan stres, Michelle Kay Mcnabb. “Saat mulut Anda berada dalam posisi mencium, Anda dalam posisi hampir tersenyum dan karena emosi dan bahasa tubuh kita sangat terkait erat, maka hampir tidak mungkin untuk tersenyum dan merasa tegang pada saat sama,” disamping itu pernapasan Anda menjadi lebih dalam dan biasanya Anda menutup mata ketika berciuman, hal itu akan menyebabkan Anda bersantai dan lepas dari ketegangan.
BERCIUMAN membantu Anda menurunkan berat badan .Berapa kalori yang bisa Anda bakar melalui ciuman tergantung dari berapa lama Anda mampu melakukannya?? Ciuman yang dalam dan panjang membuat metabolisme tubuh meningkat yang tentunya akan membakar gula/lemak dalam tubuh Anda lebih cepat dari biasanya. Kalori yang terbakar tergantung pada intensitas ciuman, tetapi secara dapat dikatakan bahwa Anda dapat membakar 10 kalori untuk setiap 10 menit ciuman.
BERCIUMAN memperlambat proses penuaan. Berciuman membantu menjaga tonus otot pipi dan rahang Anda, saat berciuman otot pipi dan rahang akan berkontraksi sehingga tonusnya akan terjaga dan tidak mudah menjadi kendor. Jika tonus otot wajah baik maka Anda akan tampak selalu muda.
BERCIUMAN meningkatkan tingkat kebugaran. Saat berciuman jantung Anda memompa darah lebih cepat keseluruh tubuh Anda, hal ini karena saat berciuman Anda melepaskan hormon Adrenalin kedalam darah yang akan memicu jantung berdenyut lebih cepat dan lebih kuat dan ini merupakan latihan yang sangat baik untuk sistem kardiovaskuler yang akan menyebabkan Anda menjadi lebih bugar, kata Dr Susan Hotchkies.”
Nah bagi Anda yang sudah mengetahui banyak manfaat dari ciuman maka lebih seringlah memberikan ciuman yang dalam dan menggairahkan untuk pasangan Anda dan berilah banyak ciuman yang hangat dan penuh kasih sayang untuk putra dan putri Anda dan juga cucu-cucu Anda.

https://doktergiri.wordpress.com

Bukti Ilmiah Baru Tentang Manfaat ASI

Bayi-bayi yang mendapat ASI akan tenang dan tidak mudah gelisah untuk waktu yang lama. Bahkan setelah mereka disapih mereka lebih kuat menghadapi situasi yang bisa membuat stres, misalnya perceraian orangtuanya. Demikian bukti ilmiah terbaru tentang manfaat ASI bagi bayi yang dipublikasikan dalam jurnal Archives of Disease in Childhood. “Bayi yang disusui, tidak terlalu terpengaruh oleh perceraian atau perpisahan orangtuanya, mereka juga tidak mudah gelisah dan cemas,” kata Dr Scott Montgomery, ahli epidemiologi di Karolinska Institute Swedia, seperti dikutip reuters.

ASI mengandung banyak nutrisi, hormon, enzim, untuk pertumbuhan dan kekebalan tubuh yang diturunkan ibunya ke bayi. Penelitian tersebut juga menunjukkan ASI mampu mengurangi infeksi, penyakit pernapasan dan diare pada bayi. Ibu yang menyusui bayinya juga bisa terhindar dari pendarahan setelah melahirkan. Montgomery dan timnya meneliti bagaimana bayi berusia 10 tahun yang diberi ASI dan yang diberi susu formula menghadapi stres akibat masalah perkawinan orangtuanya. Sekitar 9000 bayi menjadi responden penelitian ini. Mereka dimonitor sejak lahir sampai masuk sekolah. Guru-guru di sekolah juga ditanyai tentang tingkat kegelisahan anak-anak tersebut dalam skala 0-50 Ternyata anak yang dulunya mendapat ASI bisa menghadapi masalah dan stres lebih baik dibandingkan yang tidak mendapat ASI. Tetapi para peneliti belum mengetahui kaitan antara ASI dengan tingkat kegelisahan. Menurut dugaan sementara, anak-anak yang disusui tidak mudah gelisah karena saat disusui mereka merasa mendapat kasih sayang orangtuanya, pelukan dan dekapan ibu saat menyusui juga menenangkan bayi.

Selain itu menyusui juga berpengaruh terhadap perkembangan tubuh dalam merespon stres. “Semakin kita pelajari tentang ASI, semakin banyak manfaat yang kita temukan. Menyusui bisa disebut sebagai salah satu hal penting dalam perkembangan manusia,” kata Montgomery. Bulan Agustus telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai bulan ASI Nasional. Sayangnya menurut data yang dikeluarkan Unicef hanya 14 persen bayi di Indonesia yang disusui secara esklusif oleh ibunya hingga usia 4 bulan. melanicyber.com

CARA MENGURANGI PEGAL SAAT HAMIL

Saat kehamilan merupakan saat-sata yang melelahkan bagi ibu, ada banyak keluhan yang muncul antara lain cepat lelah, susah tidur, emosi yang susah dikontrol dan sebagainya. Ibu hamil sangat sering juga mengalami rasa pegal yang sangat menggangggu. Nah untuk mengurangi rasa pegal, ibu bisa melakukan tiga gerakan berikut:

1.Peregangan bahu
Tujuan: Membuat rileks otot-otot bahu, lengan, leher, dan punggung Anda.
Yang bisa Anda lakukan:
Duduk tegak dengan telapak kaki menempel rata di lantai. Secara perlahan angkat tangan kanan Anda.
Tekuk siku. Jatuhkan tangan ke belakang (telapak tangan menghadap punggung), serta tarik siku ke bawah dengan tangan kiri Anda.
Tahan posisi selama 20 detik. Ulangi gerakan dengan tangan yang lain.

2.Memiringkan dan memutar kepala dan leher
Tujuan: Menjaga otot-otot leher dan bahu tetap lentur bisa mencegah terjadinya ketegangan otot tubuh bagian atas.
Yang bisa Anda lakukan:
Duduk tegak, dengan bahu rileks dan kepala menghadap lurus ke depan. Secara perlahan, miringkan kepala ke kanan, sampai telinga kanan hampir menempel bahu.
Kembali ke tengah, lalu miringkan kepala ke kiri.
Ulangi gerakan ini sebanyak lima kali.
Sebagai alternatif, duduk tegak dengan bahu rileks. Secara perlahan, putar kepala ke kanan, kembali ke tengah, dan perlahan-lahan putar lagi ke kiri.
Ulangi gerakan sampai lima kali. Kedua gerakan ini bisa dilakukan secara bergantian.

3.Menggerakkan kaki dan pergelangan kaki
Tujuan: Memperlancar sirkulasi darah, mencegah terjadinya kram otot, serta mengencangkan otot-otot betis dan paha.
Yang bisa Anda lakukan:
Duduk santai dengan punggung tersangga dengan baik. Angkat kaki kanan, dan mulailah ’menggambar’ huruf alfabet di udara. Jaga agar kaki kiri tidak bergerak ya.
Ganti dengan kaki kiri. Ulangi seluruh gerakan sebanyak dua kali lagi.