Apakah Pemanis Buatan Aman Dikonsumsi?

Beberapa dari Anda mungkin disarankan oleh dokter untuk mengurangi atau menghindari sama sekali konsumsi gula karena ada masalah kesehatan yang Anda hadapi misalnya Diabetes melitus(Kencing Manis) . Atau ada beberapa diantara Anda yang belum mengalami masalah kesehatan tetapi ingin mencegah agar terhindar dari penyakit diabetes melitus. Atau mungkin Anda mengurangi konsumsi gula untuk menurunkan berat badan Anda.

Mengurangi atau menghilangkan rasa manis dari menu sehari-hari mungkin terasa berat bagi Anda karena lidah kita sudah terbisa menikmati rasa manis. Dan rasa manis merupakan rasa yang sangat disukai oleh kebanyakan orang mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Untuk menghindari masalah kesehatan akibat konsumsi gula dan agar tetap bisa menikmati rasa manis maka diciptakan pemanis buatan yang rendah kalori atau bahkan tanpa kalori sama sekali. Dipasaran ada banyak produk yang ditawarkan misal Tropicana Slim.

Pertanyaanya adalah : “apakah pemanis buatan aman untuk dikonsumsi?”

Sumber dari Mayo Clinic Women’s HealthSource seperti yang dikutip oleh The Southern Health Magazine, menyatakan bahwa pemanis buatan yang ada dipasaran saat ini aman untuk dikonsumsi.

Walaupun ada banyak pendapat yang menyatakan bahwa beberapa pemanis buatan seperti aspartame dan saccharin menyebabkan munculnya masalah kesehatan seperti peningkatan resiko terkena kanker. Tetapi sampai saat ini pendapat tersebut belum didukung oleh FAKTA, sehingga badan POM-nya Amerika yaitu the Food and Drug Administration (FDA) memberikan ijin untuk produk pemanis buatan. Produk-produk tersebut antara lain mengandung :

· Aspartame (Equal, NutraSweet),

· Sucralose (Splenda),

· Saccharin (Sweet ’n Low),

· Acesulfame potassium (Sweet One),

· Neotame

Walaupun dinyatakan aman untuk dikonsumsi, pemanis buatan Aspartame bisa memberikan dampak yang kurang baik bagi penderita phenylketonuria (PKU). Sehingga harus dihindari oleh penderita phenylketonuria.

Walaupun pemanis buatan dinyatakan aman untuk dikonsumsi bukan berarti memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan.

dr. sugiritama

Advertisements
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: